Minggu, 15 Februari 2009

8 Cara Memilih Buah Durian

Isteri saya marah-marah nyampe rumah, setelah membuka buah durian yang baru dibelinya, ternyata tidak manis dan busuk. Beruntung penjualnya dekat, sehingga dapat segera komplin, sambil minta ditukar dengan buah lain yang segar dan manis.
Bagi sebagian orang membeli durian perlu teliti dan cermat, sehingga tidak mengecewakan. Ada beberpa tips memilih buah durian antara lain:
1. Kulit buah berwarna coklat cerah tanpa bintik-bintik kehitaman
Bila kulit terdapat bintik-bintik kehitaman, biasanya tidak hanya kulitnya saja tetapi dapat masuk sampai buah, yang berada di dalam. Sehingga pilihlah kulit yang coklat cerah dan mulus.

2. Pilih kulit buah yang masih rapat dan belum terbuka/merekah dan berbau harum.
Buah durian banyak disukai orang, disamping rasanya yang manis dan lembut di lidah, juga disukai karena aromanya yang khas. Maka untuk memastikan aroma buah masih harum, pilihlah kulit yang masih utuh dan rapat, tidak terbuka atau merekah juga berbau harum. Bila kulit telah terbuka, walaupun sedikit, maka aroma akan keluar dan hilang. Apalagi kita tidak tahu sudah berapa lama buah berada di ‘etalase’. Juga kulit yang terbuka akan memudahkan air masuk, sehingga membuat buah jadi busuk.

3. Tangkai buah harus keras/berkayu dan tidak lentur
Buah-buahan yang enak, buah yang masak di pohon. Begitu juga buah durian, bila sudah masak, buah akan jatuh dari pohon, atau tidak dipetik. Untuk mengetahui nya dapat dilihat dari tangkai buah, bila jatuh dari pohon dapat dipastikan tangkainya kering dan keras (berkayu). Namun sebaliknya bila dipanen dengan dipetik maka, tangkai akan lunak dan lentur (bahasa jawanya ‘kisut’).

4. Belilah ketika siang hari/kondisi terang
Belilah durian pada siang hari atau keadaan terang. Jangan di tempat yang remang-remang. Dalam kondisi terang kita dapat dengan jelas melihat warna kulit dan tangkainya.

(Bersambung ke bagian selanjutnya….)
Ditulis oleh : syech udin